Home » » Kerugian banjir Mukomuko diperkirakan Rp1 miliar

Kerugian banjir Mukomuko diperkirakan Rp1 miliar

Written By Unknown on 06 November 2011 | Minggu, November 06, 2011

Kerugian banjir Mukomuko diperkirakan Rp1 miliar

Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Kerugian akibat banjir yang melanda Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak Kamis (3/11) sampai Jumat (4/11) diperkirakan mencapai Rp1 Miliar.

"Jumlah kerugiannya tidak begitu besar mengingat banjir tidak menerjang rumah masyarakat tetapi hanya tergenang air saja," kata Kepala Bidang Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Robin Linton di Mukomuko.

Saat mendampingi lima orang tim survei dari BPBD Provinsi Bengkulu, Robin Linton mengatakan, perkiraan sedikitnya kerugian akibat banjir di daerah ini rumah tidak ada yang rusak parah termasuk sarana dan prasarana berupa jalan dan irigasi.

"Jalan dan irigasi tidak ada yang rusak, hanya tergenang air saja, sedangkan beberapa rumah warga ada yang mengalami kerusakan sedikit," kata dia.

Namun perkiraan total kerugian kurang lebih Rp1 Miliar itu, kata dia, lebih banyak pada tanaman tumbuh masyarakat dan hewan ternak yang mati saat kejadian banjir melanda daerah ini.

Ia mencontohkan, puluhan hektar tanaman jagung petani di daerah ini yang sempat tergenang banjir, saat ini kondisinya mulai normal dan tanaman masih bisa diproduksi.

Begitu juga dengan kondisi mayoritas tanaman sawit petani yang terendam banjir, kini air sudah surut, dan tanaman bisa dipelihara kembali," kata dia.

Sementara itu, kegiatan survei yang dilakukan tim BPBD Provinsi Bengkulu di lokasi banjir untuk mencari penyebabkan terus menerusnya bencana alam banjir melanda daerah itu saat cuaca musim hujan.

Menurut dia, pihaknya telah mengajukan kepada tim dari BPBD pemerintah tingkat satu agar dibangun pelapis tebing sepanjang 700 meter sepanjang bantaran sungai manjuto yang selama ini menjadi penyebab banjir di Desa Tanjung Alai.

"Kami perkirakan tidak kurang dari Rp8 Miliar dana yang dibutuhkan untuk pembangunan pelapis tebing," kata dia.

Selanjut usulan untuk pembangunan drainase yang tersumbat serta jembatan yang putus akibat banjir.

"Setelah dilakukan survei hasilnya akan dibawa oleh BPBD untuk selanjutnya diusulkan," kata dia menambahkan. (ANT)



Title Post: Kerugian banjir Mukomuko diperkirakan Rp1 miliar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Sorana Indonesia, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Share this article :

0 komentar:

 
Disclaimer | Privacy Policy | Terms Of Services | About Us
Copyright © 2013. Sorana Indonesia - All Rights Reserved

Supported By Galeri Info Unik