Home » » 14 Tahun Lagi Air Rob Bisa Capai Monas

14 Tahun Lagi Air Rob Bisa Capai Monas

Written By Unknown on 24 November 2011 | Kamis, November 24, 2011

14 Tahun Lagi Air Rob Bisa Capai Monas
JAKARTA - Jakarta berdiri di atas tanah delta yang rapuh. Bila curah hujan terus meningkat sedangkan tidak ada yang mengambil tindakan preventif terhadap situasi ini, Jakarta memiliki kemungkinan untuk mengalami banjir besar pada 2025 nanti. Sedangkan di sisi lain, intrusi air laut dari utara Jakarta dan masalah penurunan tanah pelan-pelan makin meluas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada rencana pembangunan giant sea wall di lepas pantai Jakarta. Tapi sudah siapkah?

Ditemui di Jakarta Convention Centre, Prof. Jan Sopaheluwakan, report chairman untuk organisational committee World Delta Summit 2011 berpendapat, "Yang sekarang kita perlukan adalah kesadaran bersama, masalah delta tidak boleh dipandang sektoral. Kalau Jakarta terus menurun, 2025 nanti kita perkirakan rob-nya bisa sampai Monas.

"Kalau soal engineering atau investasi, saya rasa bisa diatasi. Tapi ada masalah sosial," tambahnya.
14 Tahun Lagi Air Rob Bisa Capai Monas
14 Tahun Lagi Air Rob Bisa Capai Monas
Senada dengan pernyataannya, menteri riset dan teknologi Indonesia, Gusti Muhammad Hatta menyatakan, "Teknologi mungkin kita punya, tapi masalah sosialnya berat."

Setiap penerapan kebijakan atau teknologi baru tentu memiliki dampak sosialnya masing-masing. Gusti Muhammad Hatta mencotohkan masalah tersebut dengan  pernyataannya, "Misal di hulu Ciliwung, mestinya ditanam tanaman keras tetapi tanah di sana milik warga. Mereka tidak ingin menanam tanaman keras. Nah, ini masalah sosial."

"Eksploitasi tidak benar seperti komersial dan industrial memperlemah delta. Ketahanan delta adalah masalah pemerintahan, juga sangat berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. Perlu kerangka kerja institusional untuk mengatur delta," tambahnya.



Title Post: 14 Tahun Lagi Air Rob Bisa Capai Monas
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Sorana Indonesia, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Share this article :

0 komentar:

 
Disclaimer | Privacy Policy | Terms Of Services | About Us
Copyright © 2013. Sorana Indonesia - All Rights Reserved

Supported By Galeri Info Unik