Home » » 5 Strategi Sukses Ujian TOEFL

5 Strategi Sukses Ujian TOEFL

Written By Unknown on 03 Oktober 2012 | Rabu, Oktober 03, 2012

5 Strategi Sukses Ujian TOEFL

5 Strategi Sukses Ujian TOEFL
            TOEFL pertama kali diselenggarakan pada tahun 1963. Hingga saat ini, TOEFL diselenggarakan di 165 negara dan puluhan juta orang telah mengikuti tes tersebut. TOEFL mempunyai kedudukan yang sangat penting karena semua perguruan tinggi di luar negeri, terutama negara-negara berbahasa Inggris, menjadikan TOEFL sebagai salah satu syarat penerimaan mahasiswa. Biaya mengikuti tes TOEFL sebesar 130 dollar Amerika.

         TOEFL ada dua macam, yakni International TOEFL dan Institutional TOEFL. International TOEFL diselenggarakan oleh kantor TOEFL di Amerika, dengan menunjuk badan-badan khusus yang tersebar di seluruh dunia. Saat ini, soal-soal International TOEFL yang diselenggarakan di ibu kota negara sudah menggunakan sistem komputer, namun di kota-kota lain masih menggunakan sistem kertas dan pensil.
Institutional TOEFL biasanya diselenggarakan perguruan tinggi atau lembaga bahasa Inggris terkemuka, dengan mengacu soal-soal dari International TOEFL. Institutional TOEFL juga masih menggunakan sistem kertas dan pensil. Walaupun soal-soalnya sama, namun hasil tes Institutional TOEFL tidak diakui secara internasional.

          Ujian TOEFL memang sukar. Soalnya banyak yang mengecoh. Selain itu, waktu yang tersedia sangat pendek. Dalam waktu 130 menit harus mengerjakan 140 soal dan mengerjakan esai 300 kata dalam waktu 30 menit. Untuk ujian listening, peserta ujian harus mengerahkan konsentrasi karena percakapannya sangat cepat, sering tidak jelas, dan hanya diputar satu kali. Namun walau sulit, bukan tidak mungkin mendapatkan nilai tinggi di TOEFL. Dengan persiapan yang baik dan tahu strategi mengerjakan soal-soal TOEFL, maka peluang mendapatkan nilai tinggi TOEFL sangat terbuka.
Perlu diingat ujian TOEFL tidak bisa dilakukan dengan hanya belajar satu malam atau satu minggu sebelum tes. Para peserta TOEFL harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan nilai tinggi.

Disiplin Waktu
Luangkan waktu Anda untuk belajar otodidak untuk me-review General English Anda yakni Listening, Structure dan Reading. Carilah buku-buku grammar dan reading serta kaset-kaset untuk listening. Namun, bila Anda kesulitan dalam menemukan kaset-kaset, maka biasakanlah untuk mendengar beragam acara baik melalui televisi ataupun radio, bahkan memanfaatkan situs-situs yang banyak menampilkan pilihan audio visual berbahasa inggris, misalnya YouTube.com. Pastikan Anda memahaminya.

Banyak Latihan
Latihan soal-soal TOEFL atau sebaiknya Anda mengikuti TOEFL Preparation Program sebelum Anda mengambil TOEFL Test Program sebenarnya. Agar Anda dapat bayangan nilai TOEFL Anda, jika tidak memenuhi standard maka Anda dapat kembali belajar untuk meningkatkan nilai Anda.

Jaga Stamina
Baiknya Anda juga menjaga kesehatan. Sebelum besok mau test, usahakan tidur lebih awal agar pada saat ujian Anda dapat fresh.

Tepat Waktu
Datanglah minimal 30 menit sebelum ujian TOEFL berlangsung! Karena jika Anda terlambat itu akan membuat Anda panik.

Teliti dan Pahami
Pahami perintah pada masing-masing bagian tes. Jangan pikirkan perintah yang lain atau mengalihkan perhatian Anda. Be Focus! Tenang dan usahakan jangan mengulangi membaca soal. Ingat WAKTU! Jangan ada jawaban kosong. Ujian TOEFL tidak ada pengurangan nilai.
Jadi buat teman-teman yang mungkin sedang atau akan mengikuti ujian TOEFL, jangan takut dan kita perlu terus belajar memahami setiap soal dari TOEFL test tersebut. Terakhir jangan lupa berdoa agar dilancarkan kerja keras kita. Semoga bermanfaat ya.


Title Post: 5 Strategi Sukses Ujian TOEFL
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog Sorana Indonesia, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Share this article :

0 komentar:

 
Disclaimer | Privacy Policy | Terms Of Services | About Us
Copyright © 2013. Sorana Indonesia - All Rights Reserved

Supported By Galeri Info Unik